Jawaban Kasus Wal-Mart Stores, Inc
Nama; Muhamad
Ilham Dahlan (15310036)
Makul: Sistem Pengendalian Manajemen
1. Apa
strategi wal-mart dan basisnya?
Strategi yang membuat Wal-Mart menjadi pengecer terbesar di dunia adalah menjual produk bermerek dengan harga yang murah. Wal-Mart menjamin “ harga murah setiap hari” untuk menarik konsumen.
Keunggulan kompetitif muncul ketika perusahaan menerapkan
strategi yang dimana kompetitor tidak dapat meniru atau terlalu mahal untuk
ditiru.
Adapun dasar-dasar yang mendukung Wal-Mart sehingga bisa
menciptakan keunggulan kompetitif berupa low cost (murah) antara lain
adalah:
v Pusat distribusi yang efisien. Wal-Mart menerapkan strategi penjenuhan dalam
ekspansi toko. Toko dibangun sejauh mungkin dari pusat distribusi tapi masih
dalam jangkauan satu hari mengemudi kemudian area itu dibuka lagi toko-tokonya.
Letak pusat distribusi yang strategis sehingga dapat melayani 150-200 buah toko
Wal-Mart dalam sehari. Pusat distribusi beroperasi 24 jam dengan sabuk berjalan
yang dipandu laser dan teknik dok silang yang memungkinkan di satu sisi
menerima barang dan di sisi lainnya mengisi pesanan secara serentak. Pusat
distribusi yang efisien membuat biaya distribusi Wal-Mart hanya 1,3% dari
penjualan dibandingkan pesaing terdekat sebesar 3,5%.
v Rantai persediaan yang efisien. Wal-Mart membujuk para pemasoknya untuk
memiliki sambungan elektronik dengan toko-tokonya dan selalu beradaptasi dengan
teknologi rantai persediaan terbaru untuk meningkatkan pengawasan dan
pengaturan persediaan. Pemasok dapat memantau persediaan produknya di Wal-Mart.
Wal-Mart juga memastikan tidak ada pemasok yang melebihi 4% dari volume
penjualan. Hal ini dilakukan agar Wal-Mart tidak terlalu tergantung pada salah
satu pemasok sehingga tidak ada pemasok yang bisa mempengaruhi kebijakan
penetapan harga.
v Armada distribusi sendiri dan sistem jaringan
satelit. Armada yang
terdiri dari 6.100 truk dengan 7.600 pengemudi yang dimiliki Wal-Mart
mempermudahkan pengangkutan persediaan. Kebanyakan pesaing melakukan
outsourcing untuk pengangkutan. Sistem komunikasi satelit yang memungkinkan
informasi dibagi antara toko, pusat distribusi dan pemasok. Sistem mengabungkan
pesanan barang sehingga memungkinkan perusahaan membeli barang satu truk penuh
tanpa menanggung biaya persediaan. Pemesanan dan pengangkutan yang berulang
kali dan tidak optimal memakan biaya yang besar. Manajemen operasi toko yang
baik dan efisien mau pun dari segi pemasok, persediaan, lokasi toko dan pusat
distribusi, pengangkutan dan distribusi, memberikan keunggulan biaya pada
perusahaan ini. Dengan biaya yang rendah, Wal-Mart dapat menerapkan strategi
harga rendahnya.
2. Sistem
pengendalian wal-mart dalam membantu menjalankan strategi perusahaan?
Sistem pengendalian yang diterapkan Wal-Mart membantu implementasi strategi dengan merencanakan apa yang harus dilakukan, mengkoordinasi aktivitas, mengkomunikasi informasi, mengevaluasi informasi, mengambil tindakan dan mempengaruhi orang untuk keselarasan tujuan antara lain adalah:
v
Kebijakan kompensasi
Wal-Mart diadakan agar karyawannya termotivasi dan kreatif serta timbulnya
keselarasan tujuan. Contoh program kompensasi antara lain : pembagian profit
bagi karyawan yang bekerja lebih dari 1 tahun dan lebih dari 1.000 jam dalam 1
tahun, bonus insentif, rencana pembelian saham dengan diskon, promosi, gaji
berdasarkan kinerja bukan senioritas dan kebijakan pintu terbuka. Dengan adanya
program penghargaan akan mendorong karyawan untuk bekerja lebih keras untuk
mengimplementasikan strategi.
v
Pelatihan sikap
karyawannya. Hal ini agar bisa memberi layanan yang baik kepada pelanggan.
Adanya penyapa pelanggan yang datang ke Wal-Mart berperan dalam mengurangi
tingkat pencurian. Kebijakan “sikap 10 kaki” yaitu jika ada konsumen yang
berjarak di dalam 10 kaki darinya maka karyawan harus menatapnya, menyapa dan
melayani konsumen tersebut.
v Kebijakan pembagian 50% penghematan akibat
penurunan pencurian kepada karyawan toko melalui rencana insentif toko.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar